PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT SEMEN GRESIK

Main Author: Ramadhani, Mohammad Apreza
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/22987/1/jiptummpp-gdl-mohammadap-41527-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22987/2/jiptummpp-gdl-mohammadap-41527-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22987/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk, Mengetahui tanggapan pelanggan tentang kualitas layanan, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan, Menguji pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan, Menguji pengaruh kepuasan pelanggan rawat inap terhadap loyalitas pelanggan dan, Menguji pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan rawat inap di Rumah Sakit Semen Gresik. Teknik pengambilan sampel menggunakan judgmental sampling dari jumlah sampel sebanyak 150 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis jalur (path analysis). Hasil analisis menunjukkan bahwa, Tanggapan pelanggan tentang kualitas layanan masuk dalam kriteria baik, kepuasan pelanggan masuk dalam kriteria puas dan loyalitas pelanggan dapat dikatakan tinggi. Terdapat pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan rawat inap. Artinya semakin baik kualitas layanan maka pelanggan semakin puas. Terdapat pengaruh kepuasan pelanggan rawat inap terhadap loyalitas pelanggan. Artinya semakin puas pelanggan maka loyalitas akan semakin tinggi. Terdapat pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelangganrawat inap di Rumah Sakit Semen Gresik. Artinya semakin baik kualitas layanan maka loyalitas pelanggan semakin tinggi.