IMPLEMENTASI REMEDIAL TEACHING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI MTS MUHAMMADIYAH 1 MALANG
Main Author: | Suhartini, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/22980/1/jiptummpp-gdl-suhartini0-41836-6-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/22980/2/jiptummpp-gdl-suhartini0-41836-7-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/22980/ |
Daftar Isi:
- Aktivitas belajar bagi setiap individu tidak selamanya dapat berlangsung secara wajar. Kadang-kadang lancar, kadang-kadang tidak, kadang-kadang dapat cepat menangkap apa yang dipelajari, kadang-kadang terasa amat sulit atau yang disebut juga dengan kesulitan belajar. Sebaliknya dari siswa yang tergolong cepat dalam belajar, siswa dalam golongan lambat ini sering ketinggalan dalam belajar sehingga menjadi salah satu penyebab dari siswa tinggal kelas. Dalam usaha untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan maka untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar ataupun yang termasuk dalam golongan lambat dalam belajar maka dapat menggunakan remedial teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi remedial teaching dan mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah diadakan remedial teaching ini. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif dan jenis penelitian ini bersifat deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada Tanggal 13-16 Desember 2014 dengan subjek penelitian siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Remedial Teaching dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap pembelajaran matematika (2) ketuntasan belajar siswa meningkat setelah dilakukannya Remedial Teaching serta melalui angket diperoleh respon baik dari siswa tentang Remedial Teaching.