PENERAPAN METODE RTE (ROTATING TRIO EXCHANGE) DENGAN TEKNIK PROBING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP AR- ROHMAH PUTRI “BOARDING SCHOOL” DAU MALANG

Main Author: PERDANAWATI, SUSTRIKA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/22978/1/jiptummpp-gdl-sustrikape-41838-6-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22978/2/jiptummpp-gdl-sustrikape-41838-7-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22978/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1)Penerapan pembelajaran matematika menggunakan metode RTE (Rotating Trio Exchange) dengan teknik probing, (2) Aktivitas guru dansiswaselamapembelajaran matematika menggunakan metode RTE (Rotating Trio Exchange) dengan teknik probing, (3) Hasil pembelajaran matematika menggunakan metode RTE (Rotating Trio Exchange) dengan teknik probing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah kombinasi antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas IX-FSMP Ar-Rohmah Putri “ Boarding School” Dau Malang dan data dari penelitian ini berupa aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar. Data-data yang diperoleh melalui pengamatan (observasi) aktivitas individu siswa dan guru serta tes tertulis, untuk mengetahui aktivitas individu siswa dan guru serta hasil belajar siswa berdasarkan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran matematika menggunakan metode RTE (Rotating Trio Exchange) dengan teknik probing sudah sesuai dengan sintaks yang direncanakan (2) siswaselamapembelajaran matematika menggunakan metode RTE (Rotating Trio Exchange) dengan teknik probing berada pada kategori sangat baik sebesar 87,30%, dan aktivitas guru berada pada kategori sangat baik sebesar 89,57% (3) Persentase belajar siswa mencapai ketuntasan belajar minimal sebesar 81,5%.