PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | MAYANGSARI, YESSY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/22967/1/jiptummpp-gdl-yessymayan-41846-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/22967/2/jiptummpp-gdl-yessymayan-41846-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/22967/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang terdapat pada siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 06 Dau, yaitu kurangnya pemahaman dan kerjasama siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan manfaat serta tujuan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan pendekatan kontekstual adalah yang tepat untuk permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan pendekatan kontekstual, peningkatan pemahaman dan kerjasama siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 06 Dau. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 06 Dau tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 30 siswa. Penelitian dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Data diambil menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, pemahaman, kerjasama dan soal tes. Hasil data yang diperoleh berupa observasi dan tes akhir siswa yang kemudian data-data tersebut dianalisis dengan deskriptif. Hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan pendekatan kontekstual dilaksanakan guru dan siswa dengan baik berdasarkan kegiatan pembelajaran yang mampu meningkatkan proses pembelajaran dan berdampak positif terhadap pembelajaran matematika, tingkat pemahaman siswa dengan aspek translasi, interpretasi dan ekstrapolasi yang berkategorikan baik, serta tingkat kerjasama siswa dengan kategori cukup baik untuk aspek berkooperasi dan baik untuk aspek keterampilan berkomunikasi lisan dan berkoordinasi.