ANALISIS SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS VII MTS. NU SUNAN GIRI TALANG PRIGEN

Main Author: KHOTIMA, KHUSNUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/22953/1/jiptummpp-gdl-khusnulkho-39640-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22953/2/jiptummpp-gdl-khusnulkho-39640-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22953/
Daftar Isi:
  • Konsep pembelajaran matematika yang akan dikonstruksi siswa sebaiknya dikaitkan dengan konteks nyata, namun pada kenyataannya terdapat banyak siswa yang menemui kesulitan jika dihadapkan soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah dan bentuk kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel ditinjau dari tahapan Polya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa 5 soal cerita kemudian wawancara dengan beberapa siswa. Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat 31,83% siswa yang menyelesaikan pemecahan masalah sesuai dengan langkah Polya dan 68,16% siswa yang tidak sesuai dengan langkah Polya.