ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENENTUKAN AKAR-AKAR PERSAMAAN KUADRAT DAN FAKTORNYA BERDASARKAN PENYELESAIAN MASALAH DARI POLYA DI KELAS VIII SMP ‘AISYIYAH MUHAMMADIYAH 3 MALANG
Main Author: | NADIFAH, AMILIYAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/22938/1/jiptummpp-gdl-amiliyahna-40086-1-pendahhu-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/22938/2/jiptummpp-gdl-amiliyahna-40086-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/22938/ |
Daftar Isi:
- Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang mempunyai peranan penting baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pengembangan ilmu dan teknologi. Namun matematika bukanlah mata pelajaran yang mudah bagi sebagian besar siswa. Hal ini ditunjukan dengan masih banyaknya siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal termasuk soal tentang menentukan akar-akar persamaan kuadrat dan faktornya. Ada beberapa tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah, salah satunya adalah tahap penyelesaian masalah menurut Polya, yang meliputi tahap pemahaman, tahap pemikiran rencana, tahap pelaksanaan rencana dan tahap peninjauan kembali. Penelitian ini untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII-A SMP ‘Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang. Tes tertulis diberikan kepada 18 orang, jawaban siswa yang salah dikelompokan kedalam kesalahan yang sama. Setelah itu pada setiap kesalahan dipilih salah satu siswa untuk diwawancarai. Dari hasil wawancara dapat diketahui penyebab siswa mengalami kesalahan. Penelitiaan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) kesalahan yang dilakukan siswa pada tahap pemahaman soal antara lain tidak menjawab soal dan tidak memperhatikan syarat-syarat yang diminta dalam soal, kesalahan pada tahap pemikiran rencana adalah salah menggunakan rumus, kesalahan pada tahap pelaksanaan rencana yaitu salah dalam melakukan perhitungan, kesalahan pada tahap peninjauan kembali misalnya tidak memeriksa kembali jawabannya.