RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN VERTEBRATA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY

Main Author: Hidayati, Nur Ulfiyah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/22937/
Daftar Isi:
  • Penyampaian suatu mata pelajaran saat ini masih monoton yaitu dengan menggunakan buku, cara tersebut masih dianggap kurang menarik minat belajar siswa. Oleh karena itu, guru harus bisa mengemas suatu pelajaran dengan menggunakan metode yang tepat sehingga dapat membantu pelajar agar dapat memahami dengan cepat. Augmented Reality dapat menjadi salah satu metode yang dapat membantu guru untuk mempermudah penyampaian suatu mata pelajaran. Augmented Reality (AR) adalah suatu lingkungan yang memasukkan objek virtual 3D kedalam lingkungan nyata secara real-time. Penelitian ini akan menggunakan teknologi Augmented Reality sebagai media pembelajaran pengenalan hewan vertebrata. Pembuatan media pembelajaran ini menggunakan engine unity3D. Unity 3D merupakan sebuah tools yang terintegrasi untuk membuat bentuk objek tiga dimensi pada video games atau untuk konteks interaktif lain seperti visualisasi arsitektur atau animasi 3D real-time. Untuk memunculkan objek 3D menggunakan Augmented Reality ini diperlukan adanya marker yang akan dideteksi oleh kamera dengan sistem tracking, jika marker terdeteksi maka objek 3D akan muncul diatas marker. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu guru dalam penyampaian materi agar siswa minat dalam belajar. Aplikasi ini menggunakan pengujian blackbox dan menggunakan kuisioner yang dibagikan kepada para siswa. Hasil pengujian blackbox yang dilakukan menunjukkan bahwa aplikasi yang telah dibuat sudah berfungsi dengan baik dan hasil pengujian yang dilakukan dengan kuisioner menghasilkan sekitar 95,35 % anak menjawab bahwa aplikasi ini membantu mereka dalam memahami pelajaran karena aplikasi ini di anggap menarik. Untuk kuisioner yang ditujukkan pada guru pun dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini sangat membantu dalam proses mengajar.