IMPLEMENTASI METODE APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DENGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs ISLAMIYAH JABUNG

Main Author: SANDI, ASRUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/22907/1/jiptummpp-gdl-asrulsandi-40128-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22907/2/jiptummpp-gdl-asrulsandi-40128-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22907/
Daftar Isi:
  • Metode pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) adalah suatu metode pembelajaran yang memperhatikan perbedaan kemampuan siswa. Pada prinsipnya, metode pembelajaran ini dilaksanakan dengan mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat kemampuan dan memberikan treatment yang berbeda-beda kepada masing-masing kelompok. Dengan media puzzle dapat merangsang dan memotivasi anak untuk belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar anak. Penelitian ini bertujuan meningkatkan asil belajar siswa materi bangun datar. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Islamiyah Sukopuro tahun ajaran 2013/ 2014 dan sampelnya adalah 1 kelas yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran ATI dengan media puzzle berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 46,88% meningkat pada siklus I skor rata-rata klasikalnya sebesar 76,33 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 78,12%, meningkat pada siklus II rerata klasikal menjadi 78,05 dengan ketuntasan belajar