PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY (TAI) DENGAN PENEMUAN TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP MUHAMMADIYAH 08 BATU
Main Author: | ASTITI, MAULINA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/22877/1/jiptummpp-gdl-maulinaast-40143-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/22877/2/jiptummpp-gdl-maulinaast-40143-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/22877/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individually (TAI) dengan Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMP Muhammadiyah 08 Batu. (2) Untuk Mendeskripsikan Kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Muhammadiyah 08 Batu melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individually (TAI) dengan Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika. (3) Untuk Mendeskripsikan motivasi belajar siswa SMP Muhammadiyah 08 Batu melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individually (TAI) dengan Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dan kualitatif dengan jenis penelitan deskriptif Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 08 Batu kelas VIII-F dengan siswa yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes kemampuan berpikir kreatif dan angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan penerapan Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individually (TAI) dengan Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMP Muhammadiyah 08 Batu berjalan dengan lancar namun guru belum memperhatikan alokasi pembelajaran dengan baik. Kemampuan berpikir kreatif pada indikator pertama yaitu dengan persentase 60.42% sehingga mendapatkan kategori baik, pada indikator keluwesan dengan prosentase 95.87% sehingga mendapatkan kategori sangat baik, pada indikator kerincian dengan persentase 72.90% mendapatkan kategori baik dan pada indikator keaslian mendapat persentase 93.94% sehingga mendapatkan kategori sangat baik. Motivasi Belajar siswa indikator ketekunan mendapat skor 79.29% dengan kategori baik. Pada indikator keuletan mendapatkan skor 77.86% dengan kategori baik. Kemudian pada indikator Perhatian mendapatkan skor yaitu 80.24% dengan kategori sangat baik. Pada indikator Prestasi mendapatkan skor 97.38% dengan kategori sangat baik. Dan pada indikator Kemandirian mendapatkan skor 71.43% dengan kategori baik.