PEMBELAJARAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PROBLEM POSING DI SMP MUHAMMADIYAH 2 MALANG
Main Author: | PRADANA, RADITYA BAGUS GILANG |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/22863/1/jiptummpp-gdl-radityabag-40149-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/22863/2/jiptummpp-gdl-radityabag-40149-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/22863/ |
Daftar Isi:
- Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk : 1) Mengetahui tingkat aktivitas belajar peserta didik selama pembelajaran model student teams achievement division (STAD) dengan problem posing berbantukan puzzle bangun datar, 2) Mengetahui tingkat pemecahan masalah peserta didik selama pembelajaran model student teams achievement division (STAD) dengan problem posing berbantukan puzzle bangun datar. 3) Mengetahui tingkat kreativitas pemecahan masalah peserta didik selama pembelajaran model student teams achievement division (STAD) dengan problem posing berbantukan puzzle bangun datar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif.Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 2 Malang pada tanggal 15 Januari 2015 – 28 Januari 2015. Objek penelitian adalah model STAD dengan problem posing berbantukan puzzle bangun datar.Sedangkan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII-A SMP Muhammadiyah 2 Malang. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas belajar peserta didik, kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan memberikan tes individu berupa soal pemecahan masalah dan kreativitas pemecahan masalah peserta didik dari soal tes individu. Pembelajaran model STAD dengan problem posing berbantukan puzzle bangun datar diawali dengan pembagian kelompok, kemudian pengajaran langsung yang dilanjutkan kegiatan kerja kelompok, membuat soal dan penyelesaianya selanjutnya tahap terakhir adalah tes individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran menggunakang model STAD dengan problem posing berbantukan puzzle bangun datar : (1) mampu meningkatkan aktivitas peserta didik dilihat dari siklus satu perolehan persentase aktivitas belajar peserta didik sebesar 65,04% meningkat pada siklus dua menjadi 77,15% dengan katagori baik, (2) terjadi penigkatan kemampuan pemecahan masalah, dimana pada siklus satu persentase perolehan rata – rata sebesar 33,844 % dan pada siklus dua meningkat menjadi 53,28% dan termasuk dalam katagori cukup, (3) terjadi penigkatan kreativitas pemecahan masalah peserta didik, dimana pada siklus satu persentase siklus satu sebesar 33,75% dan pada siklus dua meningkat menjadi 46,925% dan termasuk dalam katagori sedang.