PENERAPAN STRATEGI QUESTIONS STUDENT HAVEMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE PADA MATERI BILANGAN SISWA KELAS VII MTS MUHAMMADIYAH 1 MALANG

Main Author: MIDAWIYANA, IRIN FAJAR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/22826/1/jiptummpp-gdl-irinfajarm-38807-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22826/2/jiptummpp-gdl-irinfajarm-38807-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22826/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan pelaksanaan strategi questions student have secara berpasangan melalui pembelajaran kooperatif Think Pair Share dalam pembelajaran Matematika pada materi bilangan siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Malang. 2) Mendiskripsikan hasil belajar siswa melalui strategi questions student have secara berpasangan melalui pembelajaran kooperatif Think Pair Share dalam pembelajaran Matematika pada materi bilangan siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Malang dengan aspek yang diamati adalah questions, thinkking, pairing, dan sharing selama proses pembelajaran berlangsung atau diskusi, dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa. Sumber data adalah Sumber data hasil belajardi peroleh dari siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Malang. Observasi dilakukan pada aktivitas kegiatan belajar yang dilakukan pada MTs Muhammadiyah 1 Malang, observasi dilakukan untuk mengetahui proses belajar mengajar yang dilakukan disekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) model pembelajaran strategi questions student have ini merupakan variasi dalam pembelajaran diskusi kelompok yang meliputi pertanyaan, berfikir, berpasangan, berbagi. 2) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran strategi questions student have sangat positif hal ini dikarenakan pembelajarannya berlangsung menyenangkan. Hal ini menambah keaktifan siswa dalam proses pembelajaran serta memudahkan siswa dalam memahami materi. Berdasarkan hasil observasi siswa dalam belajar selalu mengalami peningkatan. Setelahditerapkan model pembelajaran strategi questions student have maka terjadi peningkatan ketuntasan jumlah siswa lebih tinggi yaitu sebesar 91,67 % . Hasil tersebut dapat dikatakan bahwa tingkat ketuntasan belajar mengalami peningkatan setelah ditunjukkan pertemuan I, II, III dilakukan penerapan model pembelajaran strategi questions student have.