PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII-A DI SMP MUHAMMADIYAH 2 BATU

Main Author: HANAFI, ARIS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/22810/1/jiptummpp-gdl-arishanafi-39151-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22810/2/jiptummpp-gdl-arishanafi-39151-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22810/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran matematika dikelas cenderung monoton, hal ini di karenakan komunikasi dalam pembelajaran yang digunakan cenderung satu arah, umumnya dari guru ke siswa. Guru sebagai pendidik harus mampu menyajikan pembelajaran yang berinovasi baru, yang dapat membangkitkan minat belajar siswa. Penyajian pembalajaran yang inovatif dapat disajikan dengan berbagai metode pembelajaran, salah satunya dengan penerapan pembelajaran kontekstual. Metode penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 1 sampai 10 Desember 2014 di SMP Muhammadiyah 2 Batu dengan subyek penelitian kelas VII-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah aktivitas siswa melalui observasi, angket respon siswa, dan post test. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, angket respon siswa, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual agar proses pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan siswa sehari-hari, dilaksanakan 4 pertemuan. Tiga pertemuan digunakan untuk tatap muka dan 1 pertemuan tes, persentase hasil observasi 92,22% dikategorikan sangat baik, Persentase respon positif siswa sebesar 75,78%. dikategorikan baik. Sedangkan persentase hasil tes siswa secara klasikal sebesar 76,5% tuntas dan sebesar 23,5% tidak tuntas atau sebanyak 13 siswa tuntas dan sebanyak 4 siswa tidak tuntas, sehingga secara umum kelas VII-A dapat dikategorikan baik berdasarkan kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditentukan oleh guru pengajar matematika kelas VII di SMP Muhammadiyah 2 Batu.