PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 MALANG

Main Author: WAHYUNINGATI, ASIH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/22795/1/jiptummpp-gdl-asihwahyun-39214-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22795/2/jiptummpp-gdl-asihwahyun-39214-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22795/
Daftar Isi:
  • Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Penerapan model pembelajaran Think Pair Share pada materi persamaan garis lurus. (2) Aktivitas guru dan siswa pada model pembelajaran Think Pair Share. (3) Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 2 Malang pada tanggal 27 Oktober 2014 – 5 November 2014 dengan mengambil subyek penelitian kelas VIII A. Kelas tersebut terdiri dari 13 siswa dengan pembagian siswa perempuan sebanyak 7 orang dan siswa laki-laki 6 orang. Instrument dalam penelitian ini adalah instrument pembelajaran yang berupa RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran), lembar tes (pretest dan postest), dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penerapan model pembelajaran Think Pair Share sudah sesuai dengan sintax yang telah direncanakan; (2) aktivitas guru pada pertemuan kedua mencapai 79,17% dan pertemuan ketiga mencapai 84,72%. Sehingga mendapatkan skor rata-rata 81,95% dengan kriteria baik; (3) aktivitas siswa pada pertemuan kedua mencapai 73,27% dan pertemuan ketiga mencapai 83,77%. Sehingga mendapatkan skor rata-rata 78,52% dengan kriteria baik; (4) hasil tes kemampuan awal (pretest), sebanyak 33,33% siswa telah tuntas dan 66,67% tidak tuntas dengan SKM ≥75 sedangkan hasil tes kemampuan akhir (posttest) berdasarkan nilai klasikal 81,82% tuntas dan sisanya 18,18% tidak tuntas.