PENERAPAN MODEL JIGSAW DENGAN STRATEGI GROUP RESUME PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTsN PANDAAN

Main Author: WAHIDAH, ROHMATUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/22791/1/jiptummpp-gdl-rohmatulwa-39223-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22791/2/jiptummpp-gdl-rohmatulwa-39223-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22791/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) pelaksanaan penerapan model jigsaw dengan strategi group resume pada pembelajaran matematika di MTsN Pandaan, 2) pemahaman konsep pada pembelajaran menggunakan model jigsaw dengan strategi group resume, 3) komunikasi matematika siswa dengan menggunakan model jigsaw dengan strategi group resume. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model jigsaw dengan stretagi group resume. Sumber data adalah siswa kelas VII E MTsN Pandaan dan peneliti. Data diambil melalui observasi untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru. Sedangkan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep dan komunikasi matematika siswa didapatkan dengan tes pada pertemuan terakhir. Analisis data dilakukan dengan menghitung nilai keseluruhan tiap indikator untuk mengetahui tingkat aktivitas siswa dan guru pada setiap pertemuan. Sedangkan menghitung nilai pada post test untuk mengetahui tiap indikator pemahaman konsep dan komunikasi matematika pada setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) penerapan model jigsaw dengan strategi group resume dapat dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah yang telah direncanakan dalam RPP, untuk aktivitas siswa selama pembelajaran berkategori baik dengan rincian aktivitas mengamati, menanya, berkategori sama yaitu baik, mencoba berkategori cukup, dan menalar berkategori baik, serta pada aktivitas membentuk jejaring yaitu dalam mengkomunikasikan berkategori cukup, 2) Tingkat pemahaman konsep siswa menggunakan model jigsaw dengan strategi group resume pada pembelajaran matematika berkategori baik dengan rata-rata yang dicapai 3.14 untuk indikator menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur, 3) Tingkat komunikasi matematika siswa menggunakan model jigsaw dengan strategi group resume pada pembelajaran matematika berkategori baik dengan rata-rata 3.27 untuk indikator menghasilkan dan menyajikan ide.