PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL CTL (Contextual Teaching and Learning) MELALUI TEKNIK AIR (Auditory Intellectually Repetition) PADA MATERI FUNGSI KELAS VIII

Main Author: NURWIANTO, JEFRY
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/22778/1/jiptummpp-gdl-jefrynurwi-39405-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22778/2/jiptummpp-gdl-jefrynurwi-39405-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22778/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian adalah untuk Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)dengan teknik Auditory Intelektual Repetisi (AIR), aktivitas siswa, dan mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa di kelas VIII-International melalui Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)dengan teknik Auditory Intelektual Repetisi (AIR) Penelitian dilaksanakan di SMP AR-Rohmah Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian berupa hasil tes siswa. Data bersumber dari siswa kelas VIII-International dan guru yang mengajar matematika di kelas VIII-International. Jumlah siswa kelas VIII-International berjumlah 32 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis aktivitas siswa dan analisis hasil tes siswa. Data di deskripsikan, diolah dengan rumus kemudian dikategorikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada saat pembelajaran matematika banyak terjadi saat diskusi kelompok karena siswa banyak yang bertanya maupun berpendapat dalam berdiskusi sampai siswa mengerjakan tes di akhir pertemuan dengan persentase rata – rata total 87%. Kemudian untuk aktivitas guru sudah dikategorikan sangat baik, hal ini ditunjukkan dengan hasil presentase yang tinggi yaitu, dengan rata – rata total 90,63%. Sedangkan untuk ketuntasan hasil belajar siswa dapat dilihat hari hasil ulangannya sebanyak 27 siswa telah mencapai ketuntasan individu dan 5 siswa belum mencapai ketuntasan. Secara klasikal ketuntasan hasil belajar siswa VIII-Internatioanl tergolong baik dengan presentase 84,375%