PENGARUH BRAND COMMUNITY TERHADAP LOYALITAS MEREK (Studi pada Anggota Club Motor Honda CBR Malang)
Main Author: | Yuanto, Sepka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/22728/1/jiptummpp-gdl-sepkayuant-39139-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/22728/2/jiptummpp-gdl-sepkayuant-39139-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/22728/ |
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan menguji pengaruh brand community terhadap loyalitas merek, pada anggota Club Honda CBR Malang. Dimana dalam penelitian ini komunitas merek dibagi menjadi tiga variabel yang kesadaran bersama, ritual dan tradisi dan tanggungjawab moral.Tipe penelitian yaitu explanatory, dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sampelnya berjumlah 100 orang yang merupakan anggota dari Honda CBR Club Chapter Malang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa linier berganda. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh variabel kesadaran bersama, ritual dan tradisi, tanggungjawab moral, berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek. Berdasarkan hasil analisis linier berganda pengaruh langsung memiliki nilai yang lebih besar dibandingkan pengaruh tidak langsung, hal ini menunjukkan dengan menjadi anggota komunitas merek pelanggan akan langsung memiliki rasa loyalitas terhadap merek tanpa harus merasakan nilai atau manfaat-manfaat saat menjadi anggota komunitas.