PENINGKATAN KUALITAS JASA PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI LEMBAGA PENDIDIKAN MENTARI BANGKIT, PAMEKASAN MADURA

Main Author: Prasetyo, R. Dhimas Adji
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/22677/1/jiptummpp-gdl-rdhimasadj-39446-2-bab_i.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22677/2/jiptummpp-gdl-rdhimasadj-39446-1-pendahul-%29.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22677/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator kualitas jasa apa saja yang seharusnya dapat ditingkatkan pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Lembaga Pendidikan Mentari Bangkit, Pamekasan, Madura. Penelitian ini menggunakan 5 dimensi kualitas yaitu tangible (bukti langsung, reliability (kehandalan, responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), dan empathy (empati) yang akhirnya dijadikan 24 indikator sesuai dengan Standar Penididikan Anak Usia Dini. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode QFD(Quality Function Deployment) yang akhirnya menghasilkan HOQ (House of Quality). Hasil analisis data dan pembahasan menunjukkan bahwa masih rendahnya kualitas jasa dari 24 indikator yang konsumen (wali murid) inginkan, terutama pada variabel tangible yaitu ruang dan luas lahan, fasilitas makanan kantin yang sehat yang membutuhkan waktu dan dana untuk proses peningkatannya serta Gap yang tinggi dari 24 indikator yang ada dengan TKIT Al-Irsyad Al-islamiyah. Oleh karena itu, Indikator kualitas jasa yang seharusnya dapat ditingkatkan sesuai dengan kemampuan Lembaga Pendidikan Mentari Bangkit sesuai dengan 24 indikator tersebut adalah 10 respon teknis dan target yang disanggupi oleh Lembaga Pendidikan Mentari Bangkit.