APLIKASI FUZZY INFERENCE SYSTEM MAMDANI UNTUK KLASIFIKASI EKSTRAKURIKULER SEKOLAH (Studi Kasus MIN Sumberbanjar – Lamongan)
Main Author: | HANUM, KHOLIDA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/22650/1/jiptummpp-gdl-kholidahan-42301-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/22650/2/jiptummpp-gdl-kholidahan-42301-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/22650/ |
Daftar Isi:
- Ekstrakurikuler merupakan salah satu kegiatan alternatif yang disediakan sekolah diluar kegiatan rutin Kegiatan belajar Mengajar (KBM). Hal itu untuk mewujudkan pencapaian kecerdasan akademik dan Soft Skill setiap siswa. Sebagai kegiatan primer, KBM memiliki penilaian formal yang sudah ditetapkan dalam disiplin ilmunya. Dalam pencapaian hasil yang maksimal dalam pengembangan kemampuan akademik, dibutuhkan berbagai solusi untuk memberikan tempat untuk mengasah kemampuan dalam bidang akademik. Salah satu cara adalah meningkatkan kreatifitas atau sisi lain dalam bidang soft skill. Sekolah memiliki keleluasaan dalam mengembangkan kreatifitas siswa yang harus dikelola dengan baik sehingga menghasilkan prestasi yang signifikan dalam suatu lembaga sekolah. Algoritma Fuzzy Mamdani adalah salah satu metode klasifikasi. Metode itu bisa digunakan dalam hal penentuan klasifikasi data. Dalam kasus ini Fuzzy Inferences System dalam sistem pengambilan keputusan klasifikasi ekstrakurikuler. Dengan input sistem berupa nilai akademik pilihan yakni : nilai IPA, IPS, Bahasa (Arab, Inggris, Indonesia), kesenian. Serta variabel input lainnya yakni bentuk skor minat siswa (Musical, Persuasive, Artistik, Science). Kedua variabel tersebut ditentukan derajat keanggotaan masing-masing, dilakukan implementasi rule pada perhitungan Fuzzy. Dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, aplikasi ini diterapkan dengan menggunakan Fuzzy Inference System dan mysql sebagai layanan databasenya.