IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMEN ( CRM ) PADA PT.RODA SAKTI SURYA RAYA SENTRAL YAMAHA MALANG

Main Author: GULBULDDIN, MUHAMMED
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/22614/1/jiptummpp-gdl-muhammedgu-42269-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22614/2/jiptummpp-gdl-muhammedgu-42269-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22614/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengevaluasi pelaksanaan Customer Relationship Managemen (CRM) yang di lakukan oleh PT. Roda Sakti Surya Raya Malang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan rentang skala. Pelaksanaan customer relationship management pada PT. Roda Sakti Surya Raya Malang ditinjau dari manusia yang meliputi kemampuan, keterampilan, keramahan dan keahlian para karyawan menunjukkan dalam kondisi baik. Ditinjau dari proses yang meliputi melakukan identifikasi profil pelanggan, pemberian nilai tambah atas pelayanan yang dilakukan, penanganan keluhan pelanggan dan pemberian diskon kepada pelanggan menunjukkan dalam kondisi baik. Ditinjau dari teknologi yang meliputi Adanya peralatan servis yang canggih, Ketersediaan fasilitas pengecekan kondisi mesin secara otomatis, Ketersediaan media komunikasi yang dapat mendukung pelayanan dan Komputerisasi penghitungan transaksi menunjukkan dalam kondisi baik Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian maka diajukan beberapa saran yaitu perusahaan harus mempekerjakan karyawan yang memiliki keahlian untuk mengoperasikan atau memberikan pelayanan secara maksimal kepada konsumen, melakukan identifikasi karakteristik pelanggan harus dilakukan oleh perusahaan dengan harapan segala bentuk kebutuhan dan keinginan konsumen dapat dipenuhi oleh perusahaan dan sistem pembayaran yang yang digunakan harus secara tepat sesuai dengan harga suku cadang atau service yang telah ditetapkan perusahaan.