RANCANG BANGUN GAME LABIRIN MATEMATIKA MENGGUNAKAN UNITY 3D DENGAN IMPLEMENTASI ALGORITMA A*( A STAR) PATHFINDING

Main Author: Pradana, Hendi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/22593/2/jiptummpp-gdl-hendiprada-40663-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22593/3/jiptummpp-gdl-hendiprada-40663-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22593/
Daftar Isi:
  • Matematika telah menjadi mata pelajaran yang dianggap sulit bagi siswa sekolah dasar sehingga membuat mata pelajaran ini beserta gurunya ditakuti oleh para siswa. Menurut (Triyono, 2011),”berdasarkan wawancara yang dilakukan siswa beranggapan bahwa mata pelajaran matematika sulit dan membosankan”. Game merupakan sebuah permainan yang menarik dan menyenangkan. Game merupakan fenomena global. Permainan elektronik yang menggunakan media computer, phone seleluller maupun konsol seperti playstation atau x-box sudah menjamur kemana-mana. Perkembangan teknologi perangkat keras maupun perangkat lunak serta perkembangan game dari 2D menjadi 3D, juga diikuti dengan perkembangan tema-tema game salah satunya adalah game dengan genre maze game atau labirin. Di dalam game juga terdapat berbagai macam kecerdasan buatan, agar perilaku dari objek yang ada dalam game tersebut mempunyai perilaku mirip manusia. Salah satu algoritma tersebut adalah algoritma A*(A STAR) pathfinding. Algoritma A* (A Star) adalah algoritma pathfinding yang menggabungkan kelebihan dan kekurangan dari algoritma Best First Search dan algoritma Dijkstra (Cui, Xiao., Hao Shi. 2011). Algoritma ini dipakai dalam pemecahan masalah pencarian jalur terpendek.