APLIKASI VALIDATOR IKLAN MENGGUNAKAN NEAR FIELD COMMUNICATION (NFC) PADA PLATFORM ANDROID
Main Author: | Miftah, Triyana Syahfrudin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/22441/1/jiptummpp-gdl-triyanasya-38984-1-01.pend-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/22441/2/jiptummpp-gdl-triyanasya-38984-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/22441/ |
Daftar Isi:
- Iklan merupakan media promosi yang efektif untuk mengajak subjek iklan melakukan tujuan dari iklan tersebut, baik bersifat bisnis, sosial, informasi dan lainnya. Iklan media cetak contohnya seperti spanduk, poster, dan banner sering kita jumpai di tempat-tempat umum yang relatif ramai dan mudah dilihat contohnya di pinggir-pinggir jalan bahkan ada yang melintasi jalan. Ini akan sangat mengganggu apabila terdapat iklan liar yang terpasang sembarangan. Diperlukan sebuah mekanisme dimana pengecekan atau validasi iklan untuk membedakan iklan legal dan ilegal lebih mudah dan kode validasi tidak mudah ditiru. Sehingga dapat meminimalisir adanya iklan-iklan liar atau ilegal. Teknologi Near Field Communication atau yang sering disebut NFC adalah sebuah teknologi komunikasi jarak dekat yang memanfaatkan frekuensi radio untuk mekanisme pertukaran data. Teknologi ini sangat cocok untuk keamanan penyimpanan data karena memiliki kelebihan dibanding mekanisme input data seperti barcode dan qrcode yaitu kode yang digunakan tidak memiliki bidang cetak dan untuk menuliskan kode tersebut membutuhkan alat khusus. Dengan teknologi NFC yang sudah dapat diaplikasikan ke mobile, maka akan dibuat sebuah aplikasi validator iklan yang nantinya dapat digunakan untuk mempermudah proses validasi iklan dan juga meminimalisir adanya pemalsuan kode validasi iklan.