APLIKASI EDUKASI PENGENALAN ALPHABET MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY
Main Author: | ARGHUBYSYAM, WAHYU |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/22392/1/jiptummpp-gdl-wahyuarghu-40809-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/22392/2/jiptummpp-gdl-wahyuarghu-40809-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/22392/ |
Daftar Isi:
- Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut secara real-time. Benda-benda maya menampilkan informasi berupa obyek virtual, label maupun animasi yang hanya dapat dilihat dengan kamera smartphone maupun dengan komputer. Sistem Augmented Reality bekerja dengan menganalisa secara real-time obyek yang ditangkap dalam kamera [1]. Sampai saat ini orang tua maupun guru masih menggunakan tabel alfabet bergambar sebagai media pembelajaran pengenalan huruf kepada anak. Pada media tersebut, informasi pembelajaran disajikan dalam bentuk gambar dan tulisan tidak bergerak maupun mengeluarkan suara. Dengan melihat realita perkembangan teknologi yang sangat pesat, maka dilakukan penelitian pembuatan aplikasi pengenalan alfabet berbasis Augmented Reality untuk membantu anak dalam pembelajaran. Adapun konsep dari aplikasi ini adalah dengan pendeteksian marker, menampilkan objek 3D dan berinteraksi dengan objek pada layar sehingga ketika layar disentuh maka objek akan memainkan sura dan animasi serta melafalkan nama nama objek. Aplikasi ini berjalan pada Android Mobile.