RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN PEMETAAN KEBUDAYAAN DI INDONESIA BERBASIS ANDROID
Main Author: | AFRIANTO, WENDI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/22390/1/jiptummpp-gdl-wendiafria-40810-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/22390/2/jiptummpp-gdl-wendiafria-40810-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/22390/ |
Daftar Isi:
- Indonesia merupakan negara kepulauan dengan kondisi geografisnya yang luas dan beragam, terdiri dari 33 provinsi yang tersebar dari pulau sabang sampai pulau marauke dan terbagi atas 3 zona waktu (WIB, WITA, WIT). Generasi muda sebagai generasi penerus bangsa adalah penerus tradisi budaya tersebut. Namun, pengaruh budaya asing yang semakin gencar, membuat generasi muda tidak tertarik untuk mempelajari budaya tradisional, bahkan sedikit demi sedikit telah menjauhi dan mulai melupakan budaya tradisional. Salah satu perubahan yang bisa dikehendaki adalah inovasi pada media pembelajaran. Media pembelajaran adalah komponen yang sangat vital dalam proses pembelajaran, dimana hal tersebut menjadi salah satu faktor penentu berhasil atau tidaknya suatu nilai atau muatan tersampaikan pada siswa. Seiring berkembangnya teknologi yang semakin pesat membuat semakin beragamnya teknologi khususnya gadget. Sehingga media untuk belajar pun semakin banyak. Dengan membuat suatu media pembelajaran interaktif yang berjudul “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Pemetaan Kebudayaan di Indonesia berbasis Android” yang diterapkan berbasis Android akan memeberikan kemudahan bagi penggunanya untuk mempelajari tentang kebudayaa di Indonesia khususnya rumah adat dan pakaian adat. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengujian keseluruhan aplikasi 90,6 % aplikasi ini dapat diterima oleh kalangan siswa-siswi SD Sajen II Mojokerto. Oleh karena itu aplikasi ini dapat sangat membantu pembelajaran kebudayaan untuk anak sekolah dasar.