RANCANG BANGUN GAME 3D FISH ESCAPE

Main Author: firmansyah, hyanshon
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/22385/1/jiptummpp-gdl-hyanshonfi-40826-1-pendahul-x.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22385/2/jiptummpp-gdl-hyanshonfi-40826-3-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22385/
Daftar Isi:
  • Game dengan genre maze yang ditanamkan AI di dalam enemy menggunakan algoritma pathfinding telah banyak diterapkan pada game dengan koordinat 2D(dimensi). Salah satu algoritma yang optimal dalam pathfinding adalah A*(Star). Namun algoritma ini kurang optimal jika diterapkan ke dalam game dengan sistem koordinat 3D. Solusinya adalah Navigation Mesh yang mana metode ini mempresentasikan dunia game menggunakan poligon yang berbentuk konveks yang bisa membuat karakter di dalam game bergerak bebas selama karakter tersebut berada di poligon yang sama. Oleh karena itu penulis ingin membuat game dengan genre Maze(labirin) sebagai tema gameplay yang ditambahkan AI untuk pathfinding dari enemy dalam mengejar player pada gameFish Escape.Penulis menggunakan NavMesh(Navigation Mesh) dalam merancang game ini sebagai AI enemy. Penerapan NavMesh tidak di bangun dari awal namun menggunakan fitur di dalam game engine Unity3D yang implementasinya dapat mempermudah penulis dalam pengaturan pathfinding pada game ini yang menggunakan sistem koordinat 3D.Penerapan Navigation Mesh di dalam Unity3D dimulai dari proses baking pada map kemudian menambahkan fitur pathfinding Navigation Mesh dan script untuk mengetahui posisiplayer pada agen cerdas enemy. Berdasarkan hasil pengujian fungsional Blackbox, enemy berjalan dengan baik mengejar player di atas map yang telah ditambahkan Navigation Mesh.