EFEKTIVITAS SOSIALISASI PARTISIPATIF PEMILIHAN PRESIDEN 2014 DI KALANGAN PEMILIH PEMULA (Studi pada murid kelas 3 SMA Al ArifaÂ’ie Malang)

Main Author: Maharani, Etika Devi Cita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/22339/1/jiptummpp-gdl-etikadevic-39666-2-babirtf.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22339/2/jiptummpp-gdl-etikadevic-39666-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22339/
Daftar Isi:
  • Pengenalan tentang arti dari pemilu terhadap pemilih pemula tidak lepas dari bantuan pihak-pihak terkait yang berhubungan langsung dengan para pemilih pemula. Pengenalan atau sosialisasi yang dirasa lebih efektif terhadap pemilih pemula tersebut salah satunya melalui instansi pendidikan. Tujuan dari sosialisasi tersebut untuk meningkatkan antusiasme memilih di kalangan pemilih pemula agar mereka berantusias untuk mengikuti kegiatan pemilu dan paham dengan alur pemilu sehingga mereka mengerti bahwa peran mereka dalam kegiatan pemilu sangat besar untuk menentukan masa depan Bangsa Indonesia kedepannya. Berdasarkan data yang di paparkan pada Malang post.com edisi 7 april 2014, hampir 70 persen pemilih pemula di Malang Raya tidak mengerti mekanisme pemilu. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa tingkat partisipasi pemilih pemula masih tergolong rendah. Melihat fenomena tersebut peneliti tertarik untuk mengetahui seberapa besar tingkat efektivitas sosialisasi pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014 terhadap antusiasme memilih di kalangan pemilh pemula. Penelitian ini menggunakan teori efektivitas pesan, dengan jenis data kuantitatif dan tipe deskriptif. Data dikumpulkan melalui angket dan diolah menggunakan skala likert. Sampel dalam penelitian ini yaitu murid kelas 3 SMA Al-RifaÂ’ie Malang, dengan jumlah sampel 30 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji mean. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa tingkat efektivitas sosialisasi pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014 terhadap antusiasme memilih di kalangan pemilih pemula berada pada perhitungan total rata-rata (Mean) dengan hasil 3,07 dan masuk kedalam rentang skala efektif yakni berada pada rentangan 3,4 – 4,2. dapat disimpulkan bahwa sosialisasi pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014 terhadap antusiasme memilih di kalangan pemilih pemula (studi pada 30 murid kelas 3 SMA Al-RifaÂ’ie Malang) berjalan efektif, sehingga sosialisasi tersebut dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan antusias memilih di kalangan pemilih pemula.