PEMAKNAAN KHALAYAK TENTANG KONTEN PROGRAM ACARA I LOOK di NET TV ( Studi Resepsi Pada Mahasiswa Komunikasi UMM 2011 )
Main Author: | Rahmatania, Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/22324/1/jiptummpp-gdl-putrirahma-39672-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/22324/2/jiptummpp-gdl-putrirahma-39672-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/22324/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini di latar belakangi oleh NET TV memiliki program acara yang informatif dan menarik perhatian masyarakat Indonesia. NET TV menyangkan berbagai program acara yang kreatif, salah satunya adalah I LOOK. Peneliti memilih I LOOK karena memiliki interaksi yang kuat dengan masyarakat di media sosial. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian karena program acara I LOOK membahas mengenai dunia fashion yang sedang ramai dibicarakan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemaknaan khalayak terhadap konten program acara I LOOK di NET TV. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori encoding/decoding Stuart Hall dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian ialah analisis resepsi. Analisis Studi Resepsi menggunakan kriteria pembaca teks media yaitu Pembaca Dominan (dominant hegemonic position), Pembaca Negosiasi (negotiated code/position), dan Pembaca Oposisi (operational code/position). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pemaknaan khalayak terhadap konten program acara I LOOK dari 8 segmen yaitu DIY (Do It Yourself) khalayak tergolong penonton dominan , #ASKILOOK, Pairing, Make up, Hair Do, Nail art, Fashion Icon, dan Fashionary. Dari 8 segmen tersebut khalayak lebih tergolong pembaca Dominan. Tetapi terdapat khalayak yang tergolong pembaca negosiasi kerena dari segmen Hair do yang kurang menarik dan banyak ditemukan tutorial Hair do di Youtube. Dan ada juga khalayak tergolong pembaca oposisi dari segmen Hair do khalayak menolak karena menggunakan hijab. Hasil penelitian ini secara umum dapat disimpulkan bahwa pemaknaan khalayak terhadap konten program acara I LOOK dalam masuk dalam kategori Dominan (dominant hegemonic position). Khalayak dapat mengambil keputusan secara bebas terhadap pemaknaan program acara I LOOK.