Implementasi Prinsip Jurnalistik pada Tayangan Infotainment di NET TV dan Kompas TV (Analisis Isi Tayangan “Entertainment News” dan “Newstar” Edisi 23-27 Maret 2015)

Main Author: Mulyawati, Diana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/22304/1/jiptummpp-gdl-dianamulya-39699-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22304/2/jiptummpp-gdl-dianamulya-39699-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22304/
Daftar Isi:
  • Pada tahun 2014 KPI menyebutkan bahwa terdapat dua program infotainment yang sesuai dengan konsep infotainment yang sebenarnya yakni Entertainment News di NET TV dan Newstar di Kompas TV. Kedua infortainment tersebut sama-sama mengusung kata “news” pada brand nama infotainment-nya. News sendiri adalah bagian dari produk jurnalistik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar implementasi prinsip jurnalistik pada tayangan infotainment Entertainment News dan Newstar serta untuk mengatahui perbadingan pengimplementasian prinsip jurnalistik diantara kedua infotainment tersebut. Peneliti menggunakan konsep prinsip jurnalistik yang dilengkapi dengan ideal berita untuk menentukan kategorinya. Kategori-kategori yang digunakan peneliti meliputi akurasi pemberitaan, cover both side, kejelasan sumber berita, non dramatisasi fakta palsu dan singkronisasi pemberitaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe deskriptif dan dasar analisis isi untuk memperoleh pemahaman mengenai pengimplementasian prinsip jurnalistik pada tayangan infotainment Entertainment News dan Newstar. Teknik pengumpulan datanya diperoleh melalui dokumentasi tayangan Entertainment News dan Newstar edisi 23-17 Maret 2015 dimana pada tayangan Entertainment News terdapat total 54 berita dan Newstar 42 berita. Alat ukur yang digunakan adalah lembar koding peneliti dibantu oleh dua koder untuk menguji reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat oleh peneliti. Implementasi prinsip jurnalistik pada tayangan Entertainment News dan Newstar edisi 23-27 Maret 2015 untuk kategori Akurasi Pemberitaan (AP), masing-masing tayangan muncul dengan prosentase nilai yang sama yakni 20% dengan Entertainment News muncul sebanyak 99 kali dan Newstar muncul sebanyak 76 kali. Kemudian untuk kategori Cover Both Side, Entertainment News dan Newstar juga muncul dengan prosentase nilai yang sama yakni masing-masing 21%, dengan Entertainment News muncul sebanyak 105 kali dan Newstar muncul sebanyak 82 kali. Kemudian untuk kategori Kejelasan Sumber Berita pada tayangan Entertainment News muncul sebanyak 90 kali atau 18%, sedangkan untuk Newstar muncul 67 kali atau 17%. Selanjutnya untuk kategori Non Dramatisasi Fakta Palsu pada Entertainment News muncul sebanyak 103 kali atau 21%, sedangkan pada tayangan Newstar muncul sebanyak 84 kali atau 22%. Untuk kategori Singkronisasi Pemberitaan (SP) pada Entertainment News muncul sebanyak 94 kali atau 20 %, sedangkan pada tayangan Newstar dengan kategori yang sama muncul sebanyak 77 kali atau 20%. Berdasarkan perhitungan Kai Kuadrat (Chi Square) diperoleh angka sebesar 0.3508, lebih kecil dari nilai signifikasi 5% dengan nilai df 9 yaitu 16.919 dan signifikasi 1% dengan df 9 yaitu 21.666, maka dalam penelitian ini dapat disimpulkan tidak ditemukan atau tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara tayangan “Entertainment News” dan “Newstar” edisi 23-27 Maret 2015 dalam hal implementasi prinsip jurnalistik.