PERENCANAAN PENGEMBANGAN KUALITAS PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN ANALISA QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) Studi Kasus PERUSAHAAN BATIK INDAH

Main Author: Zulkarnain, Muhammad Rizki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/22226/1/jiptummpp-gdl-muhammadri-42150-1-pendahul-n%281%29.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22226/2/jiptummpp-gdl-muhammadri-42150-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/22226/
Daftar Isi:
  • Perusahaan konfeksi Batik Indah adalah perusaah konfeksi yang memproduksi kemeja batik motif cetak. Pada saat ini persaingan antar perusahaan kemeja semakin ketat dengan adanya perubahan – perubahan dalam dunia bisnis konfeksi dan tingkat persaingan hidup yang semakin meningkat. Sampai saat ini kepuasan konsumen terhadap produk “Kemeja Batik” belum sepenuhnya terpenuhi, dikarenakan atribut yang di pentingkan dan di prioritaskan konsumen berbeda-beda. Dan perusahaan konfeksi Batik Indah masih belum mengidentifikasi apa yang sebenarnya di inginkan dan di butuhkan konsumen, hal ini berdampak sulitnya penjualan produk di area Malang. Sehingga perlu adanya identifikasi terhadap atribut yang di inginkan yang sesuai keinginan dari konsumen. Dalam hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan pengembangan metode QFD (Quality Function Deployment). Dengan penerapan prosedur – prosedur yang ada pada penelitian ini maka diharapkan dapat menemukan penyebab serta solusi yang tepat guna meningkatan kualitas, yang diharapkan memenuhi harapan konsumen sehingga dapat meningkatkan penjualan produk di area Malang. Dari hasil penelitian menggunakan metode QFD maka hasil analisa didapatkan prioritas atribut yang diinginkan konsumen rating persentase Normalized Raw Weight yaitu Bahan Cotton (11,61%), Kemeja tidak mudah luntur (11,30%), Penambahan rangkapan pada bagian dalam kemeja (11,19%), Motif Batik Pekalongan (11,16%), Lipatan pada kancing (10,77%). Beautiful Batik garment company is a garment company which manufactures shirts printed motif. At this time the competition between companies increasingly tight shirt with a change - a change in the business world garment and level of competition increasing life. Until now, customer satisfaction with the product "Batik Shirt" have not been fully met, because the attributes on and prioritize important: Different consumers. Beautiful Batik and confection companies still have not identified what is actually in want and in need of consumers, this affects the difficulty of selling products in the area of Malang. So the need for identification of the desired attributes as you wish of the consumer. In this can be done by using the development of QFD (Quality Function Deployment). With the application of procedures - procedures that exist in this study it is expected to find the cause and appropriate solutions to achieve quality, which is expected to meet the expectations of consumers so as to increase sales of products in the area of Malang. From the results of research using the method QFD analysis results obtained priority desired attributes percentage of consumers rating Normalized Raw Weight is Material Cotton (11.61%), Shirts do not easily fade (11.30%), addition of coupling on the inside of the shirt (11, 19%), Batik Pekalongan (11.16%), Folds on studs (10.77%).