ANALISIS SISTEM PENGUKURAN KINERJA PADA PT. X DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERFORMANCE PRISM DAN OBJECTIVE MATRIX
Main Author: | PRASTIKA, VITA RIAS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/22156/1/jiptummpp-gdl-vitariaspr-39383-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/22156/2/jiptummpp-gdl-vitariaspr-39383-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/22156/ |
Daftar Isi:
- Metode Performance Prism digunakan untuk memperbaiki metode pengukuran kinerja pada PT. X yang merupakan perusahaan penghasil produk kemasan plastik. Selama ini PT. X hanya melakukan pengukuran kinerja dengan sudut pandang keuangan saja, tidak melakukan pengukuran kinerja pada stakeholder yang lain sehingga PT. X masih belum bisa mengukur dan mengetahui apa saja yang menjadi kebutuhan dan keinginan oleh para stakeholder, dimana tujuan dari pengukuran ini adalah penilaian performa perusahaan secara keseluruhan. Perfomance Prism merupakan metode yang mencoba mempertimbangkan seluruh stakeholder di perusahaan, yaitu meliputi investor, customer, supplier, employee, dan community. Penggunaan Performance Prism ini perlu dimodifikasi dengan menggunakan AHP (Analytic Hierarchi Process) untuk melakukan sebuah pembobotan kinerja, Scoring System dengan OMAX (Objective Matrix), dan Traffic Light System sebagai metode untuk menganalisa hasil akhir. Hasil dari perancangan pengukuran kinerja pada PT. X dengan Performance Prism diperoleh 30 KPI meliputi 6 KPI pada perspektif Investor, 6 KPI pada perspektif Customer, 6 KPI pada perspektif Supplier, 7 KPI pada perspektif Employee, dan 5 KPI pada perspektif Community. Dari perhitungan pengukuran kinerja dengan menggunakan OMAX (Objective Matrix) diperoleh nilai kinerja perusahaan sebesar 5,7822 yang merupakan kategori kuning dimana kinerja PT. X sudah dikatakan baik dan telah mendekati target namun masih diperlukan perbaikan untuk meningkatkan kinerja perusahaan.