PERENCANAAN PENINGKATAN KUALITAS PRODUK MEBEL DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) UNTUK MEMENUHI KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus di Bima Mebel)
Main Author: | SANTOSA, YAYAN AGUS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/22151/1/jiptummpp-gdl-yayanaguss-39385-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/22151/2/jiptummpp-gdl-yayanaguss-39385-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/22151/ |
Daftar Isi:
- CV. Bima Mebel merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi kusen, daun pintu, kaca, yang terletak di kota Malang, Jawa Timur. Banyaknya masukan dari pelanggan mengenai model dan bahan baku yang memiliki banyak karakteristik terutama produk daun pintu membuat perusahaan harus menanggapi dengan serius karena daun pintu merupakan produk yang paling banyak diproduksi. Hal ini tentu saja mempengaruhi keuntungan perusahaan Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mengidentifikasi atribut – atibut yang diprioritaskan dari daun pintu untuk mengetahui keinginan dan harapan konsumen serta merencanakan respon teknis yang diprioritaskan oleh perusahan dengan menggunakan pendekatan Quality Function Deployment. Tahap-tahap penelitian ini meliputi tahap pertama adalah tahap define. Pemilihan obyek penelitian, penentuan jumlah sample, penyusunan kuisioner, uji valid dan reliable, pembuatan HOQ, membuat desain perbaikan Dari hasil penelitian konsumen memiliki 9 atribut kebutuhan yang diinginkan pada produk Bima Mebel atribut yang mendominasi derajad sangat penting bagi konsumen yaitu menggunkana kayu kering yang dioven, menggunakan pintu motif pola, menggunakan bahan baku kayu jati. Untuk tingkat kepuasan saat ini konsumen merasa kurang puas, cukup puas dan puas pada atribut tersebut. Selain itu HOQ menunjukkan penggunaan kayu kering merupakan prioritas perbaikan pertama dengan tingkat kepentingan tertinggi sebesar 14,22 %