THE USE OF PEER REVIEW IN FACEBOOK GROUP TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING SKILL AT THE SECOND YEAR STUDENTS OF SMAN 2 GENTENG
Main Author: | Virgin, Cindy Fitriana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/22146/1/jiptummpp-gdl-cindyfitri-39547-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/22146/2/jiptummpp-gdl-cindyfitri-39547-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/22146/ |
Daftar Isi:
- Facebook merupakan salah satu media sosial dengan banyak pengguna di Indonesia dan terkenal dikalangan siswa. terlebih, siswa saat ini yang merupakan generasi Digital sangat familiar dengan penggunaan internet di kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini, Facebook grup digunakan sebagai media untuk mengajar writing (menulis) dan bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan kolaboratif melalui kegiatan peer feedback dengan menggunakan aplikasi Facebook grup. Pertama, siswa diminta untuk menulis teks hortatory exposition, kemudian mengunggah tulisan mereka ke Facebook grup yang telah dibuat sebelumnya. selanjutnya, mereka harus melakukan prrof reading and memberikan komentar, koreksi dan saran pada tulisan teman mereka. hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas menulis siswa. dengan meakukan peer comment ini, siswa diharapkan dapat mengambil manfaat dari kesalahan penulisan yang dilakukan oleh teman-temannya dan kemudian belajar dari kesalahan tersebut. selain itu, peneliti ingin mengetahuiapakah penggunaan Facebook grup pada siswa SMAN 2 genteng dapat meningkatkan kemampuan menulis mereka atau tidak. Penelitan ini menggunakan desain penelitian quasi-experimental. populasinya adalah siswa kelas XI SMAN 2 Genteng, dengan sampel kelas XI IPA satu sebagai kelas experiment dan kelas XI IPA empat sebagai kelas control. kelas experiment diajar dengan menggunakan Facebook grup sebagai media pembelajarn, sementara itu, kelas control diajar secara konvensional. data diambil dari nilai pre-test dan post-test masing-masing kelas, kemudian dianalisa dengan menggunakan t-test. Hasil perhitungan statistic menunjukkan bahwa peningkatan nilai rata-rata dari kelas experiment lebih tinggi dibandingkan dengan kelas control (8.500>3.611). keberhasilan dari facebook grup kemungkinan besar depengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya; karakteristik siswa sebagai generasi digital, prosesnya yang langsung, dan peer review. karenanya, dapat disimpulkan bahwa Facebook grup dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa.