REPRESENTASI PESAN MORAL YANG TERDAPAT PADA IKLAN AQUA (Analisis Semiotika Pada Iklan Aqua #AdaAqua versi “Salah Bonceng” di Televisi )
Main Author: | Pambudi, Setiyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/22137/1/jiptummpp-gdl-setiyopamb-40428-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/22137/2/jiptummpp-gdl-setiyopamb-40428-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/22137/ |
Daftar Isi:
- Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi pesan moral yang terdapat pada lambang-lambang komunikasi pada iklan Aqua #AdaAqua versi “Salah Bonceng” di media televisi. Peneliti juga memperoleh penjelasan, bagaimana cara pesan-pesan yang ingin disampaikan produsen melalui iklan Aqua. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang periklanan yaitu A-T-R (Awarness-Trial-Reinforcement) proses pertama menggugah kesadaran (Awarness) khalayak bahwa produk yang diinginkan ada di sekeliling mereka. Harapan kedua ialah setiap iklan harus kuat mempengaruhi khalayaknya dari segi konatifnya sehingga khalayak langsung mencoba (Trial) proses yang ditunjukkan iklan tersebut. harapan ketiga adalah proses peneguhan/pengukuhan (Reinforcement) iklan yang ditampilkan harus mempunyai kekuatan peneguh sikap tertentu (sikap positif terhadap produk). Teori ini dirasa cocok bagi penelitian ini dikarenakan tujuan Aqua dalam memilih talent (pemeran utama) 3 oreng pemuda dalam iklan versi “Salah Bonceng” adalah untuk mendapatkan teget pasar dikalanagn anak muda, dan dengan tercapainya target pasar tersebut secara tidak langsung Aqua mendapatkan future market untuk pemasaran produk di massa mendatang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian interpretatif dengan pendekatan kualitatif dan dasar semiologi komunikasi. Sebagai penelitian interpretatif, penelitian ini hanya memaparkan situasi atau wacana, tidak mencari hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif (data yang bersifat tanpa angka-angka atau bilangan), sehingga kemudian diinterpretasikan dengan rujukan, acuan, dan referensi ilmiah. Dalam analisis data, peneliti menggunakan sistem penanda (signifier) dan petanda (signified) untuk medapatkan makna (signification) milik Ferdinand De Saussure. Dari analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan, representasi pesan moral dari iklan Aqua #AdaAqua versi “Salah Bonceng” di media televisi adalah Aqua memberikan kesan kepada masyarakat Indonesia bahwa Aqua menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup sehat masyarakat khususnya masyarakat Indonesia. Dengan kata lain Aqua telah berhasil mencapai visi dan misinya yaitu menyehatkan masyarakat indonesia dan selalu membuat program untuk menyehatkan masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan dari ajakan yang ada dalam iklan Aqua yaitu pentingnya memulai hidup sehat untuk kesehatan bersama khususnya bagi masyarakat Indonesia dan juga mengenai himbauan mengenai tingkat kesadaran dalam hidup bermasyarakat.