A STUDY ON COMMUNICATION STRATEGIES USED BY ENGLISH TEACHER IN TEACHING SPEAKING FOR SEVENTH GRADE STUDENTS AT SMP AISYIYAH MUHAMMADIYAH 3 MALANG

Main Author: HARTANTRI, DEVI EKA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21852/1/jiptummpp-gdl-deviekahar-41387-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21852/2/jiptummpp-gdl-deviekahar-41387-2-chapteri.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21852/
Daftar Isi:
  • Banyak orang selalu membagi ide – ide mereka kepada yang lain. Komunikasi dibutuhkan oleh orang – orang dimanapun dan kapanpun. Para guru harus mempunyai bermacam strategi untuk meningkatkan komunikasi mereka agar lebih baik untuk dimengerti para murid. Strategi komunikasi adalah aspek paling penting dalam kondisi dimana para pendengar kurang memahami materi. Keobjektifan pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi komunikasi yang digunakan oleh guru bahasa inggris, menjelaskan bagaimana guru mengaplikasikan strategi komunikasi tersebut pada pengajaran speaking. Dan untuk menemukan kesulitan – kesulitan saat menggunakan strategi komunikasi tersebut dalam pengajaran speaking di SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek seorang guru bahasa inggris yang mengajar bahasa inggris kelas tujuh A di SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang. Data koleksinya dengan menggunakan obervasi dan interview. Langkah – langkah dalam menganalisis data tersebut adalah sebagai berikut: Pertama, menafsirkan data – data dari hasil observasi kelas dan interview yang telah di observasi sebelumnya dengan mengklasifikasikannya dalam tiga kategori, macam – macam strategi komunikasi yg digunakan oleh guru, bagaimana guru mengaplikasikan strategi komunikasi tersebut. Dan kesulitan – kesulitan ketika menggunakan strategi komunikasi tersebut. Kedua, memperkuat data yang telah dikumpulkan dari hasil observasi dan interview dengan bahan kesusastraan. Yang terakhir adalah menuliskan kesimpulan dari semua hasil kombinasi data tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru tersebut menggunakan strategi komunikasi pada pembelajaran speaking dalam mata pelajaran bahasa inggris di SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang. Strategi komunikasi yang digunakan oleh guru tersebut, yaitu: perubahan bahasa, mengkonfirmasi materi, dan cek kepemahaman. Guru mengaplikasikan staretegi komunikasi tersebut adalah ketika guru menggunakan permainan dan bahasa tubuh. Kesulitan – kesulitan yang di alami oleh guru ketika menggunakan strategi komunikasi tersebut adalah murid – murid mempelajari bahasa inggris pertama kali di SMP dan guru selalu menghabiskan waktu untuk mengulang materi dan instruksi tentang apa yang disampaikan dan apa yang dimaksud oleh guru.