EFEK PERUBAHAN TINGKAT HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Main Author: Perwira, Yudha Ridharta Rama
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21806/1/jiptummpp-gdl-yudharidha-39805-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21806/2/jiptummpp-gdl-yudharidha-39805-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21806/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek dari harga, kualitas produk, dan kualitas layanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada konsumen Waroeng Spesial Sambal cabang Jl. Raya Sengkaling 50 Malang, dan untuk mengetahui variabel mana yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Alat analisis yang digunakan adalah uji instrumen penelitian yaitu uji validitas dan reliabilitas, dengan menggunakan uji normalitas setelah itu dilakukan analisis regresi linier berganda, dan uji asumsi klasik yaitu pada uji autokorelasi, uji multikoleniaritas, juga uji heteroskedastisitas. Pada penelitian ini berupaya untuk menganalisis variabel independen (X) dalam hal ini adalah variabel independen yang mempengaruhi terhadap keputusan pembelian, variabel independen tersebut antara lain adalah variabel harga, variabel kualitas produk, dan variabel kualitas layanan. Setelah semuanya terpenuhi maka terakhir untuk dilakukan uji hipotesis adalah menggunakan uji koefisien determinasi (R2), uji t dan uji f. Hasil analisis bahwa ada dua variabel yang memiliki nilai koefisien yang positif di antaranya harga dan kualitas produk yang berpengaruh secara persial terhadap keputusan pembelian, sedangkan ada satu variabel yaitu kualitas layanan yang secara persial kurang berpengaruh. Kemudian apabila berdasarkan hasil dari pengujian statistik F bahwa variabel harga, kualitas produk, dan kualitas layanan secara bersama sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian diketahui harga merupakan variabel yang paling kuat pengaruhnya terhadap keputusan pembelian.