PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI HUBUNGAN ANTARA KEADAAN AWAN DAN CUACA PADA SISWA KELAS III SDN KEDUNGMUNGAL MOJOKERTO

Main Author: WULANDARI, DEWI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21611/1/jiptummpp-gdl-dewiwuland-40939-1-1.penda-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21611/2/jiptummpp-gdl-dewiwuland-40939-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21611/
Daftar Isi:
  • Hasil observasi yang dilakukan di kelas III pada bulan November 2014 di SDN Kedungmungal Mojokerto menunjukkan bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru. Guru kurang memberikan unsur permainan dalam proses pembelajaran. Sehingga pembelajaran terkesan monoton dan siswa terlihat bosan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan siswa sulit memahami materi yang telah disampaikan. Pada tahun ajaran 2013/2014, dari 36 siswa kelas III terdapat 10 siswa (28%) yang tuntas dan 25 siswa (72%) yang tidak tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode index card match pada pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas III SDN Kedungmungal Mojokerto tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara dan lembar tes. Penerapan metode index card match disesuaikan dengan langkah-langkah metode dan dikombinasikan dengan pesan bersimpul Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa antara siklus I dengan siklus II. Secara klasikal, siklus I, terdapat 11 siswa dengan persentase 33% yang mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan 75 dan 22 siswa dengan persentase 67% yang mendapatkan nilai kurang dari 75. Terjadi peningkatan setelah pelaksanaan siklus II yaitu terdapat 24 siswa dengan persentase 83% yang mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan 75 dan 5 siswa dengan persentase 17% yang mendapatkan nilai kurang dari 75. Sehingga dapat dikatakan bahwa persentase pada siklus II melebihi kriteria ketuntasan klasikal yang sudah ditentukan yaitu minimal 75%. Persentase ini melebihi kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan dalam penelitian yaitu 75%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas III SDN Kedungmungal Mojokerto.