ANALISIS IMPLEMENTASI MEDIA PUZZLE BUAH APEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS IV SDN ORO-ORO OMBO WETAN IV KABUPATEN PASURUAN

Main Author: AINI, SHOFIYAH NISFIL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21592/1/jiptummpp-gdl-shofiyahni-40968-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21592/2/jiptummpp-gdl-shofiyahni-40968-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21592/
Daftar Isi:
  • Pelaksanaan pembelajaran yang baik salah satunya adalah memilih dan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Penggunaan media dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kurangnya media pembelajaran di dalam kelas membuat siswa kurang aktif dan monoton dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis di SDN Oro-oro Ombo Wetan IV di butuhkan media pembelajaran yang menarik agar pembelajaran berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tanggapan siswa mengenai implementasi media puzzle buah apel, (2) menganalisis hasil belajar siswa sebelum menggunakan implementasi media puzzle buah apel, dan (3) menganalisis hasil belajar siswa sesudah menggunakan media puzzle buah apel. Penelitian ini digolongkan dalam jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Waktu penelitian yaitu 3-7 Agustus 2015. Sumber data yakni guru kelas IV dan siswa kelas IV. Data berupa catatan lapang dan pernyataan guru diperoleh dari hasil observasi dan wawancara, didukung dokumen berupa RPP. Teknis analisis data meliputi pengumpulan, reduksi, penyajian, serta penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) tanggapan siswa kelas IV dengan di adakannya implementasi puzzle buah apel sangat senang karena siswa merasa tertarik dengan media tersebut, (2) hasil belajar siswa sebelum menggunakan media puzzle buah apel mengalami ketidak tuntasan, nilai kurang dari KKM sebanyak 11 siswa atau 55% sedangkan siswa yang mendapatkan nilai lebih dari KKM sebanyak 9 siswa atau 45%, setengah dari jumlah siswa yang tidak tuntas atau tidak memenuhi KKM, dan (3) hasil belajar siswa sesudah menggunakan media puzzle buah apel mengalami peningkatan, siswa yang mendapatkan nilai lebih dari KKM sebanyak 20 siswa atau 100%, sedangkan siswa yang mendapatkan nilai kurang dari KKM sebanyak 0 siswa atau 0%. Berdasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan media puzzle buah apel sangat mempengaruhi hasil belajar siswa, karena guru merasa terbantu dengan adanya media puzzle buah apel.