PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5 PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 4 BATU

Main Author: DEWIYANDARI, RISKA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21570/1/jiptummpp-gdl-riskadewiy-40991-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21570/2/jiptummpp-gdl-riskadewiy-40991-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21570/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi dari model pembelajaran inkuiri merupakan salah satu model pembelajaran yang diutamakan dalam implementasi kurikulum 2013. Di SD Muhammadiyah 4 Batu masih belum pernah menerapkan model pembelajaran inkuiri. Model pembelajaran yang diterapkan disesuaikan dengan langkah – langkah pada buku guru dan buku siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti merumuskan masalah yaitu: Adakah pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan metode eksperimen (percobaan) terhadap hasil belajar siswa tema indahnya kebersamaan subtema 1 pembelajaran 5 pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah4 Batu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah eksperimen semu dengan subyek penelitian siswa kelas IV SD Muhammadiyah 4 Batu. Sampel penelitian ini adalah kelas IVC dan IVD yaitu kelas IVC sebagai kelas eksperimen dan kelas IVD sebagai kelas Kontrol. Penelitian dilaksanakan dalam empat kali pertemuan, menggunakan instrument beruapa RPP dan soal pre-test dan post-test. Instrumen penelitian diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan teknik Independent Sample T-Test tidak berpasangan. Setelah dilakukan penelitian dan berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t-tidak berpasangan diperoleh nilai thitung sebesar 2,185 dengan nilai signifikansi sebesar 0,033. Nilai ttabel pada derajat bebas 56 dan taraf nyata 0,05 sebesar 2,003. Apabila dilakukan pembandingan maka |thitung| > ttabel atau nilai signifikansi < 0,05 dan disimpulkan Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai hasil belajar antara kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan metode eksperimen (percobaan) dengan model pembelajaran yang sesuai dibuku guru dan buku siswa pada tema indahnya kebersamaan subtema 1 pembelajaran 5 pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 4 Batu.