ANALISIS PENERAPAN 8 KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU KELAS II DAN V DI SDN 1 SUMBERBENING KECAMATAN DONGKO KABUPATEN TRENGGALEK
Main Author: | PRASEPTIANI, TIKA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/21568/1/jiptummpp-gdl-tikaprasep-40992-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/21568/2/jiptummpp-gdl-tikaprasep-40992-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/21568/ |
Daftar Isi:
- uru profesional merupakan guru yang mampu melaksanakan tugas pokoknya dalam kegiatan pembelajaran. Guru yang profesional harus memiliki kompetensi untuk melakukan tugas pendidikan dan pengajaran. Guru harus mampu menguasai keterampilan dasar mengajar karena menentukan kualitas pembelajaran. Penerapan kurikulum 2013 yang menuntut kreatifitas siswa, maka untuk melaksanakan pendidikan dan pembelajaran secara efektif, diperlukan penguasaan guru terhadap keterampilan mengajar. Salah satu sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 yaitu SDN 1 Sumberbening. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Penerapan 8 keterampilan dasar mengajar guru kelas II dan V, (2) kendala yang dihadapi guru kelas II dan V dalam menerapkan 8 keterampilan dasar mengajar, serta (3) solusi yang digunakan guru kelas II dan V untuk mengatasi kendala penerapan 8 keterampilan dasar mengajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data pada penelitian ini yaitu guru kelas II dan V di SDN 1 Sumberbening. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen kunci dalam penelitian ini, dan instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru sudah menerapkan 8 keterampilan dasar mengajar yaitu keterampilan bertanya, memberi penguatan, mengadakan variasi, menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran, membimbing diskusi kelompok kecil, mengelola kelas dan mengajar kelompok kecil dan perorangan. (2) kendala yang terjadi dalam penerapan 8 keterampilan dasar mengajar berasal dari faktor internal yaitu kurangnya kemampuan guru dalam menghadapi siswa yang mempunyai karakter dan kemampuan yang berbeda-beda dan faktor eksternal yaitu sarana prasarana yang kurang memadai (3) solusi yang digunakan guru terkait faktor internal yaitu guru mengadakan pengawasan dan pembimbingan terhadap siswa. Faktor eksternal yaitu guru memanfaatkan media yang ada dilingkungan sekitar dan memperbanyak buku dengan cara foto copi sebagai solusi dalam penyelesaian permasalahan.