ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN SIKAP SISWA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI KELAS I SDN MOJOLANGU 2 KOTA MALANG

Main Author: RIZKY, REZY GRACESITA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21547/1/jiptummpp-gdl-rezygraces-40999-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21547/2/jiptummpp-gdl-rezygraces-40999-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21547/
Daftar Isi:
  • Belakangan ini banyaknya siswa yang mencontek saat ulangan diakibatkan oleh rendahnya sikap yang dimiliki siswa. Apabila tidak ada perubahan sikap pada anak tersebut, anak akan memiliki perilaku atau sikap yang kurang baik dimasa yang akan datang. Maka perlu sebuah penilaian untuk mendeteksi sikap yang terbentuk dalam diri siswa melalui pembelajaran yang diikutinya. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan perencanaan penilaian sikap siswa berdasarkan kurikulum 2013 di kelas I SDN Mojolangu 2 kota Malang. (2) mendeskripsikan pelaksanaan penilaian sikap siswa berdasarkan kurikulum 2013 di kelas I SDN Mojolangu 2 kota Malang. (3) mendeskripsikan pelaporan penilaian sikap siswa berdasarkan kurikulum 2013 di kelas I SDN Mojolangu 2 kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sebagai sumber data, dipilih guru kelas I SDN Mojolangu 2 Malang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan penilaian sikap yang dilakukan guru sudah sesuai dengan langkah-langkah perencanaan penilaian yang diamanatkan oleh pemerintah, akan tetapi komponen-komponen dari rancangan penilaian sikap yang dibuat guru belum semuanya sesuai dengan perencanaan penilaian berdasarkan kurikulum 2013. (2) pelaksanaan penilaian sikap siswa yang dilaksanakan guru melalui teknik observasi, dan penilaian jurnal. Teknik observasi digunakan oleh guru dalam setiap proses pembelajaran, sedangkan teknik penilaian jurnal digunakan oleh guru secara insidental. (3) pelaporan penilaian sikap siswa yang dilakukan guru yaitu melakukan tindak lanjut kepada siswa dari hasil penilaian sikap dan memberikan laporan kepada kepala sekolah berupa daftar hadir nilai, sedangkan guru menyampaikan laporan hasil belajar selama satu semester kepada wali murid berupa buku rapor.