PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARIKATUR TERHADAP HASIL MENULIS PUISI SISWA KELAS III SDN MULYOAGUNG 01 DAU MALANG
Main Author: | ISTIQOMAH, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/21545/1/jiptummpp-gdl-istiqomah2-39838-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/21545/2/jiptummpp-gdl-istiqomah2-39838-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/21545/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini diawali dari pengamatan yang dilakukan di SDN Mulyoagung Dau Malang. Berdasarkan pengamatan tersebut masih banyak siswa yang merasa kesulitan dalam pembelajaran menulis puisi. Salah satu penyebabnya yaitu kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran menulis puisi, sehingga pembelajaran menjadi abstrak dan tidak menarik siswa. Rumusan masalah dalam penelitian yaitu Bagaimana pengaruh media karikatur terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas III SDN Mulyoagung 01 Dau Malang? Sesuai dengan rumusan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh media karikatur terhadap hasil kemampuan menulis puisi siswa kelas III pada pembelajaran bahasa indonesia materi menulis puisi di SDN 01 Mulyoagung Dau Malang. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan penelitian eksperimen. Jenis desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design desain ini kelompok eksperimen maupun kontrol tidak dipilih secara random. Tahap pelaksanaan penelitian ini yang pertama yaitu pemberian pretest untuk kedua kelas pada hari yang berbeda. Selanjutnya adalah penyampaian materi, pada kelompok eksperimen materi disampaikan dengan menggunakan media karikatur, sedangkan kelompok kontrol tidak menggunakan media karikatur. Setelah mendapatkan materi masing-masing kelas diberikan postest. Adapun teknik pengujian yaitu uji normalitas, uji hompgenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t menggunakan SPSS 21. Hasil perhitungan uji normalitas pretest postest kelas eksperimen yaitu pretest 0,05 atau 1,193 lebih besar 0,05 (1,193 > 0,05). Postest 0,05 atau 1,313 lebih besar 0,05 (1,313 0,05). Sedangkan kelas kontrol pretest 0,05 atau 1,273 lebih besar 0,05 (1,273 > 0,05), postest dengan taraf signifikan 0,05 maka hasil yang didapatkan postest 0,05 atau 1,168 lebih besar 0,05 (1,68 > 0,05). Untuk Pengujian homogenitas kemampuan menulis puisi distribusi Chi Kuadrat dengan dk (derajat kebebasan) dan taraf nyata signifikan = 0,05 diperoleh Chi Kuadrat = 0,168 yang jauh lebih besar dari pada 0,05 dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa data memiliki varian yang sama atau homogen. Setelah di lakukan uji normalitas dan homogenitas selanjutnya dilakukan uji t diperoleh t hitung 9,150. Berdasarkan hasil perhitungan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengaruh pengunaan media karikatur terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas III pembelajaran bahasa indonesia materi menulis puisi tempat di SDN Mulyoagung 01 Dau Malang.