ANALISIS PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA PENGALAMANKU KELAS I SDN JUNREJO 02 KOTA BATU

Main Author: MUARIF,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21540/1/jiptummpp-gdl-muarif2010-39841-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21540/2/jiptummpp-gdl-muarif2010-39841-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21540/
Daftar Isi:
  • Pendekatan scientific adalah pembelajaran yang menggunakan kaidah-kaidah keilmuan. Pendekatan scientific pada umumnya memuat serangkaian aktivitas pengumpulan data melalui mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi,dan mengkomunikaskan. Berdasarkan hasil observasi awal tentang pendekatan scientific, pihak guru mengaku belum terlalu hafal langkah-langkah pelaksanaanya. Oleh sebab itu, peneliti melaksanakan penelitian dengan tujuan mendeskripsikan pelaksanaan pendekatan scientific, menganalisis pelaksanaan langkah-langkah pendekatan scientific, menganalisis kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan langkah-langkah pendekatan scientific, dan memaparkan solusi untuk mengatasi kendala pada pelaksanaan pendekatan scientific dalam pembelajaran tematik tema pengalamanku kelas I SDN Junrejo 02 Kota Batu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti sebagai instrumen kunci dan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah-langkah yaitu (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, (4) penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperiksa menggunakan teknik pemeriksaan. Teknik pemeriksaan yang digunakan yaitu triangulasi baik triangulasi sumber maupun triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pendekatan scientific dalam pembelajaran tematik tema pengalamanku kelas I SDN Junrejo 02 Kota Batu dilaksanakan melalui model pembelajaran discovery learning. Langkah-langkah pendekatan scientific yang muncul yakni kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, dan mengolah infomasi. Penilaian hasil belajar meliputi aspek, sikap, pengetahuan, dan keterampilan. (2) kendala yang muncul dalam pelaksanaan pendekatan scientific pada pembelajaran tematik tema pengalamanku kelas I SDN Junrejo 02 Kota Batu yakni pada kegiatan awal, pada kegiatan inti (menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi), kegiatan penutup , dan penilaian hasil belajar.(3) solusi untuk mengatasi kendala yang muncul yaitu, mengajakan siswa bernyanyi bersama, menceritakan pengalaman, memberikan stimulus melalui pertanyaan, menggunakan gambar-gambar di buku tema, memberikan bimbingan secara individual, dan mencari pantokan untuk menilai hasil belajar sesuai standar penilaian kurikulum 2013