ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SDN DINOYO 3 MALANG
Main Author: | MUNAWIYA, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/21536/1/jiptummpp-gdl-munawiya09-39842-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/21536/2/jiptummpp-gdl-munawiya09-39842-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/21536/ |
Daftar Isi:
- Pelaksanaan pendidikan karakter merupakan upaya pemberdayaan dan pembudayaan yang mengarah pada pengembangan dan penguatan perilaku peserta didik yang berdasarkan nilai-nilai karakter tertentu. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V SDN Dinoyo 3 Malang, (2) Menjelaskan kendala yang dihadapi guru dan sekolah dalam pelaksanaan pendidikan karakter pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V SDN Dinoyo 3 Malang, (3) Menjelaskan upaya yang dilakukan guru dan sekolah untuk mengatasi kendala pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V SDN Dinoyo 3 Malang. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif yang mendeskripsikan kejadian di lapang. Penelitian dilakukan di SDN Dinoyo 3 Malang, yang beralamatkan di jalan MT. Haryono XIII/139A Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan content analysis, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, paparan data atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas SDN Dinoyo 3 Malang dilaksanakan melalui dari tahap pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas, pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan sepanjang kegiatan pembelajaran berlangsung mulai dari guru memasuki kelas sampai guru meninggalkan kelas. (1) Pelaksanaan pendidikan karakter pada pembelajaran PKn di kelas V SDN Dinoyo 3 Malang dilaksanakan melalui pembuatan perangkat pembelajaran berkarakter, proses pembelajaran berkarakter, menggunakan metode pembelajaran yang sesuai, (2) Kendala yang dihadapi sekolah dan guru dalam pelaksanaan pendidikan karakter pada pembelajaran PKn di kelas V SDN Dinoyo 3 Malang antara lain: kurangnya perhatian orang tua kepada anaknya, peserta didik lupa/tidak mengerjakan tugas. (3) Upaya yang dilakukan sekolah dan guru dalam pelaksanaan pendidikan karakter pada pembelajaran PKn di kelas V SDN Dinoyo 3 Malang. Upaya yang dilakukan sekolah antara lain: mengadakan kegiatan ekstrakurikuler dan menjalin hubungan yang baik dengan para wali murid. Upaya yang dilakukan guru antara lain: memindahkan tempat duduk peserta didik yang membuat kegaduhan di kelas.