PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE “TS - TS” (TWO STAY TWO STRAY) MATA PELAJARAN IPS KELAS III SDN NGROTO 03 PUJON KABUPATEN MALANG

Main Author: ZURAYDA, SITI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21533/1/jiptummpp-gdl-sitizurayd-41018-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21533/2/jiptummpp-gdl-sitizurayd-41018-2-%28babi%29.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21533/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal menunjukkan bahwa SDN Ngroto 03 Pujon, (1) Kondisi didalam kelas selama proses pembelajaran siswa cenderung ramai dan bergurau sendiri dengan temennya, (2) Siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran, (3) Guru kurang variatif dalam menggunakan metode pembelajaran, (4) Hasil belajar siswa yang masih banyak belum mencapai KKM KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan pada kelas III SDN Ngroto 03 Pujon. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan metode TS – TS (Two Stay Two Stray) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Ngroto 03 Pujon dalam mata pelajaran IPS materi penggunaan uang sesuai kebutuhan? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN Ngroto 03 Pujon dalam mata pelajaran IPS materi penggunaan uang sesuai kebutuhan setelah menerapkan metode TS – TS (Two Stay Two Stray)? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan metode TS – TS (Two Stay Two Stray) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Ngroto 03 Pujon dalam mata pelajaran IPS materi penggunaan uang sesuai kebutuhan. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN Ngroto 03 Pujon dalam mata pelajaran IPS materi penggunaan uang sesuai kebutuhan setelah menerapkan metode TS – TS (Two Stay Two Stray). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan subjek Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu 16 siswa semester genap 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode TS - TS (Two Stay Two Stray) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas III SDN Ngroto 03 Pujon. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa antara siklus I dan siklus II mencapai tingkat ketuntasan 31,25%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode “TS - TS” (Two Stay Two Stray) dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS materi kegunaan uang sesuai dengan kebutuhan.