EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI SDN PASERAMAN II KECAMATAN ARJASA KABUPATEN SUMENEP

Main Author: SUNARWI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21527/1/jiptummpp-gdl-sunarwi201-39846-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21527/2/jiptummpp-gdl-sunarwi201-39846-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21527/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SDN Paseraman II Kecamatan Arjasa Kabupaten Sumenep, pelajaran IPA selalu disajikan dengan metode ceramah, sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, Sebagai pendidik harus mengetahui dan dapat membuat sebuah pembaharuan dalam dunia pendidikan agar dapat mengembangkan proses pembelajaran yang kondusif sehingga dapat diperoleh hasil yang maksimal. Bentuk pembaharuan pembelajaran adalah dengan menggunakan pembelajaran yang efektif, menarik dan bermakna bagi peserta didik. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, peneliti merumuskan “Apakah pembelajaran menggunakan pendekatan keterampilan proses terbukti Efektif dalam pembelajaran IPA di SDN Paseraman II Kecamatan Arjasa Kabupaten Sumenep?”. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan pendekatan keterampilan proses terbukti efektif dalam pembelajaran IPA di SDN Paseraman II Kecamatan Arjasa Kabupaten Sumenep. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan menggunakan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian sebanyak siswa kelas IV yang berjumlah 16 siswa di SDN Paseraman II. Metode pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi, tes, wawancara. Instrumen yang digunakan adalah dengan tes. Data dianalisis dengan menggunakan paired sample t test pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Paseraman II, sebelum mendapat perlakuan pengajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses adalah 54,06, dan setelah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses adalah 81,25, hasil analisis dengan menggunakan uji-t diperoleh sig 0.000 dimana sig < 0,05 artinya nilai probalitas lebih kecil dari nilai alpha, karena sesuai dengan hipotesis yang diajukan maka dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan pendekatan keterampilan proses memberikan pengaruh peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Paseraman II Kecamatan Arjasa Kabupaten Sumenep.