PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DENGAN TIPE GROUP INVESTIGATION MATERI CUACA (IPA) SISWA KELAS III SDN KEBARON KABUPATEN SIDOARJO

Main Author: ARDILAH, FIDYAH DESY
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21522/1/jiptummpp-gdl-fidyahdesy-41033-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21522/2/jiptummpp-gdl-fidyahdesy-41033-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21522/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini di awali dari hasil wawancara yang dilakukan di SDN Kebaron kabupaten Sidoarjo pada tingkatan anak kelas 3. Dalam wawancara tersebut diketahui bahwa kurangnya inovasi model-model pembelajaran yang diterapkan, guru lebih sering menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation yang terkadang membuat siswa merasa jenuh selama proses pembelajaran berlangsung. Tujuan adanya penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan tipe Group Investigation pada siswa kelas III SDN Kebaron Kabupaten Sidoarjo, serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar antara menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan tipe Group Investigation pada siswa kelas III SDN Kebaron Kabupaten Sidoarjo. Jenis desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi-Experimental Design dengan desain kedua kelompok eksperimen tidak dipilih secara random. Pada pelaksanaan pembelajaran, mula-mula siswa diberi pretest. Selanjutnya penyampaian materi pada siswa dengan pemberian perlakuan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dan Group Investigasi (GI) dikelas yang berbeda. Setelah diberi perlakuan cukup, siswa diberi posttest. Terakhir hasil posttest dianalisis untuk melihat perbedaan perlakuan yang telah diberikan. Adapun teknik pengujian yaitu uji normalitas, uji hompgenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t menggunakan SPSS versi 16. Pada hasil perhitungan setelah dilakukan pengujian normalitas dan homogenitas dengan hasil semua data berdistribusi normal dan homogen, dilakukan pengujian data uji “t” dari uji beda skor peningkatan hasil belajar model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation nilai t-hitung adalah 0,231 dengan Sig. (2-tailed) 0,819 dan t-table 2,02. Jadi, t-hitung (0,231) berada diantara nilai t-tabel (2,02), hipotesis nol 〖(H〗_0) diterima. Sedangkan berdasarkan nilai probabilitas taraf nyata signifikan = 0,05 diperoleh sig (2-tailed) 0,819, karena probabilitas > 0,05 maka H0 diterima, yang artinya kedua data merupakan identik atau tidak terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation.