PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA BERBAGAI PEKERJAAN SUB TEMA JENIS-JENIS PEKERJAANDENGAN MODEL THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELASIV SDN 04 PRAMBON
Main Author: | SUCIATI, WULAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/21518/1/jiptummpp-gdl-wulansucia-39850-1-1.penda-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/21518/2/jiptummpp-gdl-wulansucia-39850-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/21518/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini diawali dengan hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa pembelajaran pada kelas IV di SDN 04 Prambon sudah menerapkan pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013, tetapi kegiatan belajar yang dilaksanakan kurang efisien karena berbagai alasanseperti kurangnya sarana dan prasarana berupa buku tema yang saat itu diajarkan, tidak ada media yang digunakan dan metode yang kurang bervariasi. Oleh karena itu peneliti bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantu Media RUMDATA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN 04 Prambon Trenggalek yang berjumlah 19 siswa terdiri dari 10 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus.Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes.Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, dokumnentasi dan tes.Data dianalisis dengan menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwaModel pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantu Media RUMDATAdapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik siswa kelas IV SDN 04 Prambon Trenggalek.Terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa antara siklus I dan siklus II. Ketuntasan hasil belajar meningkat dari 52,9% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II.