PENGEMBANGAN MEDIA TEBAK KATA PADA PELAJARAN IPS MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN KELAS III SDN TULUSREJO 3 MALANG
Main Author: | RAMADHAN, ACHMAD NUR WAHID |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/21494/1/jiptummpp-gdl-achmadnurw-41235-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/21494/2/jiptummpp-gdl-achmadnurw-41235-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/21494/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketersedian media pembelajaran IPS di kelas III SDN Tulusrejo 3 Malang. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, diketahui media untuk dikembangkan adalah media tebak kata. Media tebak kata adalah media pembelajaran yang menggunakan media kartu teka-teki yang berpasangan dengan kartu jawaban teka-teki. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran pengembangan tebak kata. Media dikembangkan dengan model prosedural bersifat deskriptif dengan sembilan langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk. Pengembangan media tebak kata yang telah dikembangkan akan di validasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran serta diuji cobakan kepada siswa. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari validator, responden melalui angket validasi dan siswa selama uji coba. Sedangkan untuk data kualitatif diperoleh dari hasil kritik, saran dari validator dan siswa, deskripsi pelaksanaan uji coba dan kesulitan belajar siswa, serta hasil wawancara sebelum uji coba dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang di kembangkan dinyatakan sangat layak berdasarkan uji kelayakan menurut para ahli materi dengan persentase total 86% kualifikasi sangat baik. Ahli media dengan persentase 88% kualifikasi sangat baik, ahli pembelajaran dengan persentase 90% kualifikasi sangat baik, hasil uji coba kelompok kecil dengan presentase total 89,8% kualifikasi sangat baik, hasil uji coba kelompok besar dengan hasil persentase total 86,5% kualifikasi sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan media tebak kata pada pelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan kelas III SDN Tulusrejo 3 Malang layak dan dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah perlunya pengembangan lebih lanjut dengan memperbaiki kekurangan-kekurangan dan memperjelas materi yang ada pada pengembangan media tebak kata agar lebih sempurna.