PENGEMBANGAN MEDIA POHON AJAIB DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA KELUARGAKU, SUBTEMA KELUARGA BESARKU BAGI SISWA KELAS I SD MUHAMMADIYAH 01 MALANG

Main Author: MAHYUDIN,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21477/1/jiptummpp-gdl-mahyudin20-40446-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21477/2/jiptummpp-gdl-mahyudin20-40446-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21477/
Daftar Isi:
  • Data penelitian yang diperoleh dari analisis kebutuhan pada tema keluargaku sub tema keluarga besarku, pembelajaran yang digunakan oleh Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Malang masih menggunakan buku teks, papan tulis, dan lingkungan sekitar sebagai alat bantu pembelajaran tematik. Alat bantu media tersebut dirasa kurang efektif untuk mengajak siswa belajar secara aktif dan tidak mudah bosan. Hal tersebut dikarenakan guru yang kurang dalam hal waktu untuk membuat media pembelajaran dan kurangnya sarana dalam pembuatan media pembelajaran tematik. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1). Menjelaskan pengembangan media pohon ajaib dalam pembelajaran tematik pada tema keluargaku sub tema keluarga besarku untuk siswa kelas I Sekolah Dasar, (2) Menjelaskan respon siswa kelas I Sekolah Dasar terhadap pengembangan media pohon ajaib dalam pembelajaran tematik pada tema keluargaku sub tema keluarga besarku untuk kelas I Sekolah Dasar. Penelitian dikembangkan dengan metode research and development, yaitu metode yang pendekatan penelitian dan pengembangan membentuk suatu siklus yang diawali dengan studi pendahuluan untuk menemukan suatu instrumen pendidikan kemudian instrumen tersebut dikembangkan dalam situasi tertentu, diuji, direvisi, dan diuji kembali sampai ditemukan instrumen akhir yang dianggap sempurna. Analisis data dijadikan acuan untuk memperbaiki atau merevisi instrument pengembangan media pembelajaran pohon ajaib. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pengembangan media pohon ajaib terdapat beberapa langkah yaitu studi pendahuluan dengan analisis kebutuhan untuk mengetahui potensi dan masalah yang ada pada proses pembelajaran. Kemudian melakukan pengembangan desain, validasi ahli serta uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil penelitian ini adalah terciptanya media dalam bentuk yang bias dilihat dari segala arah, yaitu media pohon ajaib. Media pohon ajaib merupakan media tematik yang mengintegrasikan mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan PPKN. Dalam media Pohon ajaib membahas tentang konsep penjumlahan, pengurangan, mengenal bilangan bulat, mengurutkan anggota keluarga besarnya, (2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji media pohon ajaib ini termasuk dalam kategori sangat baik. Hal itu ditunjukkan melalui penilaian pada tahap validasi ahli. Hasil tersebut ditandai dengan presentase nilai yang mencapai 83% oleh ahli media, 93,3% oleh ahli materi, dan 91,6% oleh ahli pembelajaran tematik Sekolah Dasar. Sedangkan untuk respon siswa mendapatkan presentase yang mencapai 90% pada uji coba kelompok kecil dan 96,2% pada uji coba kelompok besar.