PENGEMBANGAN MEDIA RUMAH BERBIE PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SUMBER ENERGI DAN PERUBAHANNYA UNTUK KELAS II SD

Main Author: SHANDY, RYAN RISTYA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21466/1/jiptummpp-gdl-ryanristya-41379-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21466/2/jiptummpp-gdl-ryanristya-41379-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21466/
Daftar Isi:
  • Keterbatasan media pembelajaran yang hanya berupa gambar, serta kurangnya kemampuan guru menciptakan media pembelajaran menjadikan metode ceramah dan pemberian tugas sebagai pilihan utama dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran harus dilaksanakan dengan maksimal untuk mencapai tujuan pendidikan. Penggunaan media dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan tujuan pendidikan. Kurangnya media pembelajaran di dalam kelas membuat siswa kurang aktif dan malas dalam belajar. Berdasarkan analisis kebutuhan sekolah dasar, dibutuhkan sebuah media pembelajaran digunakan agar pembelajara terlaksana dengan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk pembelajaran berupa media pembelajaran Rumah Berbie (Ber-energi) dan untuk mengetahui tingkat kelayakan produk melalui beberapa ahli dan uji coba produk. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D (Research and Development), yaitu menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Adapun langkah-langkah pengembanga yang dimaksud adalah Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Perbaikan Desain, Ujicoba Produk, Revisi Produk, Ujicoba Pemakaian, Revisi Produk Tahap Akhir, dan Produksi Massal. Pengembangan produk dalam penelitian ini, hanya dilakukan hingga langkah (8) yaitu ujicoba pemakaian. Hasil penelitian pada tahap validasi ahli media pembelajaran menunjukkan bahwa desain media pembelajaran RumahBerbie menunjukkankriteria sangat valid. Hasil yang diperoleh dari ahli materi menunjukkan kriteria sangat valid dengan persentase 86,6%, ahli media 93,3% sedangkan hasil yang diperoleh dari ahli pembelajaran IPA SD menunjukkan kriteria sangat valid dengan persentase 94%. Selain itu, hasil uji coba produk kelompok kecil pada 12 siswa kelas IIMI SunanGiri-Lowokwaru-Malang persentase respon positif siswa kelas sebanyak 87,5%. Sedangkan uji kelompok besar kepada 42 siswa kelas II SDN Mojolangu 3 Malangmenunjukkan persentase sebesar 91,4%. Berdasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran RumahBerbiemata pelajaran IPA dapat dijadikan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA di kelas II SD.