ANALISIS KREATIVITAS GURU DALAM PENGGUNAAN BAHAN AJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA AIR, BUMI DAN MATAHARI DI KELAS 2B SDN BLIMBING 3 KOTA MALANG

Main Author: WAHYULINA, BAIQ ULFA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/21462/1/jiptummpp-gdl-baiqulfawa-40468-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21462/2/jiptummpp-gdl-baiqulfawa-40468-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/21462/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran tematik di kelas menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan. Proses aktivitas belajar mengajar yang menyenangkan tentunya tidak tercipta begitu saja, akan tetapi pengelolaannya dirancang oleh guru dengan merancang dan menggunakan berbagai jenis bahan ajar sehingga aktivitas belajar siswa menjadi mudah dan dapat mendorong proses belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi awal, guru sudah menggunakan jenis bahan ajar dalam pembelajaran tematik di kelas 2b akan tetapi guru masih merasa mengalami beberapa kendala dalam menggunakan beberapa bahan ajar. Oleh sebab itu peneliti melaksanakan penelitian dengan tujuan: 1) menganalisis dan mendiskripsikan jenis-jenis bahan ajar yang digunakan guru pada pembelajaran tematik sub tema air di kelas 2b SDN Blimbing 3 Kota Malang, 2) menganalisis dan mendiskripsikan kreativitas guru dalam penggunaan bahan ajar pada pembelajaran tematik sub tema air di kelas 2b SDN Blimbing 3 Kota Malang, dan 3) menganalisis dan mendiskripsikan respon siswa terhadap bahan ajar yang digunakan guru pada pembelajaran tematik sub tema air di kelas 2b SDN Blimbing 3 Kota Malang. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Peneliti sebagai instrument kunci dan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, studi dokumenter. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu: 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) display data, dan 4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Jenis-jenis bahan ajar yang digunakan guru selama proses pembelajaran tematik sub tema air hanya menggunakan satu jenis bahan ajar yaitu bahan ajar cetak berupa buku. 2) Kreativitas guru dalam penggunaan bahan ajar pada pembelajaran tematik sub tema air di kelas 2b didapat bahwa guru sudah kreatif dalam menggunakan bahan ajar buku dan guru tidak memiliki kreativitas dalam menggunakan bahan ajar noncetak dan bahan ajar display. 3) Respon siswa terhadap bahan ajar buku yang digunakan guru selama proses pembelajaran tematik sub tema air yaitu didapatkan bahwa secara umum siswa merasa senang.